RESENSI NOVEL "AISYAH" - contoh resensi- contoh resensi buku

Hari ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu resensi dan sedikit memberikan contoh resensi novel yang pernah saya buat

APA ITU RESENSI ? Resensi adalah berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensiorecensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat. (sumber wikipedia )

jadi dapat disimpulkan resensi itu sebenarnya adalah sebuah penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap suatu karya.
kita tidak bisa membuat resensi suatu buku/novel apabila belum pernah membacanya. dan manfaat dari resensi ini juga bisa 
membantu orang lain untuk melihat isi atau penilaian dari karya itu sendiri

CONTOH RESENSI NOVEL " AISYAH " 



IDENTITAS BUKU
Judul Novel        :  Aisyah
Penerbit             : Kaysa Media (Puspa Swara Group)
Tahun Terbit      :  2015
Cetakan             : Jakarta,2015
Tebal Buku         : 473 halaman
Pengarang          : Sibel Eraslan
Penerjemah        : Akhmad Nur Ikhwan Taqwim
Sibel Eraslan adalah wanita kelahiran Uskuudaar, Istanbul Turkey. Beliau adalah seorang jurnalis islam dan pengarang 5 seri novel  best seller serial the greates woman. Novel Aisyah adalah salah satu dari 5 seri novel yang beliau tulis, keempat lainnya adalah Fatimah, Khodijah, Maryam, dan Aisyiah. Novel ini bercerita tentang ibunda umat islam yaitu Aisyah putri Abu Bakar As-shiddiq, yang melainkan sahabat dekat Nabi Muhammad SAW. Terbagi dalam lima bab yang dituliskan seperti waktu solat, novel ini menceritakan masa kecil Aisyah hingga masa dimana Rasululloh telah wafat. Diceritakan bahwa Aisyah kecil adalah gadis yang periang, yang rasa keingintahuan nya begitu besar. Dia gadis kecil dengan kekhasan rupanya yang menawan, ia dijuluki si humaira karna pipinya yang kemerahan. Aisyah kecil tumbuh besar  bersama  ibunya Zainab Binti Amir dan Kakaknya Asma. Novel ini juga menceritakan bagaimana awal mulanya ketika Rasululloh menikahi Aisyah, beliau adalah perempuan yang datang dalam mimpi Rasulullah. 
Bukan hanya masa kecil Aisyah yang diceritakan, tetapi novel ini juga menceritakan bagaimana kehidupan rumah tangga Aisyah dengan rasulullah. Ketika hidup dengan Rasulullah, Aisyah tinggal di sebuah tempat kecil yang berada di samping masjid, beliau hidup sederhana dengan ke-tawadhu’an yang diajarkan oleh Rasulullah dan meninggalkan kemewahan dunia. Aisyah adalah wanita yang beruntung karena beliau mengenal islam langsung dari Rasulullah, beliau diajarkan Alqur’an dan Hadist langsung oleh Rasulullah, ketika semasa hidupnya dengan nabi, diceritakan pula bahwa Aisyah adalah seorang pencemburu karna rasa sayang nya yang begitu besar kepada Rasulullah. Novel ini juga menceritakan tentang istri-istri nabi ketika semasa hidupnya dengan Aisyah.Dibab terakhir dalam novel diceritakan masa-masa ketika islam dipimpin oleh para sahabat nabi sepeninggalnya Rasulullah. Masa dimana fitnah dan perpecahan mulai muncul.
Kelebihan dari novel ini adalah dari segi penulisannya, dimana menggunakan kata ganti satu ‘aku’, sehingga kita seperti berbicara langsung dengan tokoh utama nya, selain itu novel ini juga mengulik bukan hanya sisi agamanya tetapi sisi Aisyah sebagai seorang pribadi.
Kelemahan dari novel ini adalah bahasa yang digunakan merupakan bahasa penyair sehingga ada beberapa cerita yang butuh pemahaman mendalam untuk dicerna. 

Komentar

  1. Sangat mambantu manulis resensi catatan buku yang dibaca..
    Syukron, Jazakumullah kahiran katsir.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESEP MAKANAN INDONESIA - Ikan Kakap Merah Bumbu Kuning

ENJOURTY!